Kelebihan dan Kekurangan Shopify
Jika anda ingin membuat website toko online, selain anda bisa melakukan pemesanan melalui jasa website toko online, anda bisa menemukan beberapa alternatif untuk membuat website tersebut. Di antara pilihan yang banyak tersebut, muncul satu nama yang mungkin terdengar asing, tetapi popularitasnya cukup tinggi. Benar, namanya adalah Shopify.
Mengenal Shopify
Shopify adalah platform E-niaga berbasis cloud yang dihosting sepenuhnya yang cocok untuk semua ukuran bisnis.
Pada dasarnya, Shopify memberi pengguna solusi online, yang memungkinkan mereka membangun situs web mereka sendiri dengan cepat untuk menjual produk tanpa coding. Mungkin perlu waktu bagi pemilik usaha kecil untuk menyewa desainer grafis atau membiasakan diri merancang perangkat lunak, tetapi platform penjualan online satu-satunya ini siap membantu Anda.
Tidak ada persyaratan untuk instalasi perangkat lunak atau layanan hosting; Shopify memiliki semua yang penting untuk kesuksesan toko online mana pun.
Kelebihan Shopify
Mari kita bicara mengenai kelebihan platform yang satu ini. Berikut akan kami paparkan dalam beberapa poin.
Mudah Digunakan
Sejauh ini, inilah alasan terbesar pedagang menyukai Shopify. Shopify dibangun untuk pengguna rata-rata, bukan pengembang yang terampil. Sangat mudah untuk menambahkan produk, membuat diskon, dan memproses pesanan. Desain web ramah pengguna dan bahkan mudah dengan alat pengeditan seret dan lepas Shopify. Cara daftar Shopify juga sangat mudah seperti beberapa platform serupa lainnya.
Biaya Awal Rendah
Biaya bulanan Shopify yang relatif rendah membuat penyiapan menjadi terjangkau. Paket dasar berharga 9/bulan, dan paket tingkat menengah dihargai 9/bulan. Jika Anda tidak memerlukan seluruh toko online, cukup bayar /bulan untuk tombol beli yang dapat Anda gunakan di mana saja secara online.
Tema Cantik
Pedagang yang berlangganan dapat memilih dari berbagai tema gratis yang responsif seluler. Tema premium (berbayar) juga tersedia untuk pedagang yang menginginkan lebih banyak pilihan.
Bagus Untuk Dropshipping
Shopify adalah platform pilihan bagi banyak dropshippers. Integrasi dropshipping Shopify dengan nama populer seperti Spocket dan Oberlo membuat dropshipping dari admin Shopify Anda jauh lebih sederhana.
Banyak Opsi Dukungan
Anda dapat mengakses dukungan teknis setiap jam sepanjang hari melalui telepon, obrolan langsung, dan email. Opsi bantuan mandiri juga tersedia. Pelanggan seperti itu, dukungan Shopify tersedia di luar jam kerja reguler.
Kekurangan Shopify
Meskipun Shopify memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa kita kesampingkan, dia juga memiliki kekurangan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum kita menggunakannya. Berikut adalah beberapa di antaranya:
Pengaya yang Mahal
Meskipun Shopify menawarkan hampir setiap fitur dasar, perangkat lunak ini kekurangan banyak fitur lanjutan. Anda harus menemukan fitur-fitur ini dalam bentuk add-on, juga dikenal sebagai aplikasi, yang tidak gratis. Menambahkan tiga aplikasi saja dapat menggandakan biaya bulanan.
Biaya Transaksi
Meskipun sebagian besar keranjang belanja telah menurunkan biaya transaksinya seluruhnya, Shopify tetap mempertahankan biaya 0,5% hingga 2,0% (bergantung pada paket harga Anda). Anda memiliki opsi untuk meminta Shopify membebaskan biaya ini saat Anda menerima pembayaran melalui Pembayaran Shopify. Namun, Pembayaran Shopify memiliki keluhan yang adil, dan ini mungkin bukan pemroses pembayaran terbaik untuk semua orang.
Dukungan Pelanggan Tegang
Sementara Shopify telah dikenal untuk dukungan pelanggan yang responsif di masa lalu, ulasan pelanggan yang lebih baru menyuarakan laporan campuran pada tim dukungan. Beberapa pengguna terkesan dengan dukungan yang mereka terima, sementara yang lain mengeluh bahwa perwakilan dukungan Shopify tidak dapat membantu menyelesaikan masalah mereka.
Cara Menggunakan Tool di Shopify
Menggunakan template untuk membangun toko Anda hanyalah permulaan jika Anda ingin memiliki kehadiran online yang menguntungkan. Untuk strategi penjualan yang terbentuk sepenuhnya, pertimbangkan faktor-faktor berikut:
Pemasaran: Media sosial hanyalah salah satu bentuk pemasaran. Jangan lupakan email, SMS, dan berbagai bentuk pemasaran konten seperti blogging.
SEO: Untuk mengoptimalkan situs web Anda dan mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin telusur, tingkatkan kecepatan, navigasi, dan data terstruktur situs web Anda.
Konversi: Sering kali, membuat pengguna melihat produk Anda tidaklah cukup. Tawarkan diskon yang dipersonalisasi, tahan penjualan, buat program loyalitas, dan kirim email keranjang yang ditinggalkan untuk membujuk orang agar membeli.
Akuntansi: Jika Anda tidak melacak berapa banyak yang Anda hasilkan, Anda tidak akan tahu bagaimana meningkatkan strategi penjualan Anda. Pilih solusi akuntansi yang cukup mudah digunakan sambil mengambil semua data yang Anda butuhkan.
Layanan Pelanggan: Buat pelanggan Anda tetap terhubung. Siapkan respons email cepat dan chatbot, buat pengembalian mudah, dan izinkan pelanggan melacak pesanan mereka.
Pengiriman: Gunakan Shopify untuk membandingkan jasa kurir pengiriman, dapatkan diskon pengiriman, beli label pengiriman, dan penuhi pesanan dari berbagai lokasi gudang (jika berlaku.)
Pelaporan: Saat Anda membuat kampanye iklan, menawarkan penjualan, mengubah penawaran produk, memperluas ke saluran penjualan baru, atau melakukan hal lain yang dapat memengaruhi toko Anda, gunakan alat pelaporan untuk menganalisis bagaimana perubahan ini memengaruhi situs Anda.
Toko aplikasi Shopify memiliki semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat strategi penjualan dan manajemen toko yang sempurna. Jadilah pemilih saat Anda memilih aplikasi. Tambahkan terlalu banyak dan tagihan langganan bulanan Anda akan meroket.
Untuk lebih lanjut tentang mengoptimalkan situs web Anda untuk pengguna dan robot mesin telusur, baca postingan kami tentang cara meningkatkan situs web bisnis Anda.
Comments
Post a Comment